Recent

Sunday, December 4, 2011

Madah dan Do'a (Estetika Sufistik)

Manusia adalah makhluk tidak berdaya da hadapan alam semesta dan prahara kehidupan di dalamnya. ia akan mampu mengatasi dan menemukan kekuatannya hanya dalam iman dan keterpeliharaan eksistensinya dari hal-hal yang bertentangan dengan undang-undang Allah Ta'ala. manusia tidak mungkin menghindar dari kebutuhannya terhadap Allah Ta'ala. media yang paling tepat untuk sampai kepada-Nya adalah do'a, karena do'a merupakan ekspresi manusia untuk mengungkapkan kata-kata dan mengadukan segala kerisauan hati kepada Penciptanya.

Oleh karena itu, madah dan do'a (Al-Ibtihal) merupakan satu pondasi yang kokoh, tempat bernaung, dan berlindung bagi orang mukmin dari hempasan badai. tema-tema yang disampaikan dalam madah dan do'a di dalam kesusastraan Arab sangat beragam semenjak turunnya AlQur-an; dalam berbagai ayat Al-Dzikir Al-Hakim banyak ditemukan madah dan do'a yang diekspresikan dari perasaan terdalam seperti terdapat di dalam hadits-hadits Nabi. apa yang dimetaforkan dalam estetika sakral itu, merupakan metafora agung dari hadits Nabi SAW yang ditransmisikan oleh orang-orang ikhlas dalam bentuk puisi maupun prosa.

Dalam kitab-kitab klasik termaktub tema-tema madah dari para pendahulu, baik dari golongan sahabat maupun tabiin. diantara mereka adalah Imam Ali Ibn Abi Thalib, Ali Zainal Abidin, Rabi'ah Al-Adawiyah, Abi Hayyan, Al-Tauhidi, Ibn Al-Faridl, AL-Bira'i, Abu Hasan Al-Syadzili, dan Musthafa Al-Bakri. Ibarat air jernih, kitab-kitab klasik tersebut telah menjadi sumber inspirasi yang tidak pernah kering untuk direguk oleh pelaku madah sampai saat ini. mereka mempublikasikannya melalui berbagai media radio dan televisi. dan kita pun, pada saat ini memiliki peluang besar menjadi orang-orang ikhlas, dengan menjaga media-media yang ada, mengarahkannya untuk kepentingan kemaslahatan dan memeliharanya dari kekeliruan, bukan dengan menilainya sebagi sesuatu yang negatif dan menghancurkan.

Kritik bagi pelaku madah dan do'a.
Materi acara televisi dan radio, dipandang bagus jika mampu membuat acara beragam. di satu sisi media harus mampu menyediakan ruang waktu untuk mengekspresikan madah dan do'a sebagai sebuah estetika, namun disisi lain ruang dan waktu untuk membacakan ayat-ayat suci AlQur-an harus mendapat porsi yang seimbang. materi acara seperti ini, patut diacungi jempol dan dipertahankan karena akan bermanfaat bagi bertmbahnya intensitas kekuatan spiritual dalam kehidupan masyrakat saat ini. bahkan acara-acara tersebut harus diberikan durasi waktu di sela-sela padatnya jadwal lain. namun yang terjadi, mereka lebih suka men-sejajarkan madah dan do'a religius serta acara lainnya dengan kandungan siaran AlQur-an Al-Karim.

Banyak orang berpendapat, kebanyakan para pendendang madah dan do'a tidak berpatokan pada pengucapan yang benar dan kehati-hatian, seringkali mereka mengulang beberapa bait puisi terlebih dahulu, kemudian disusul dengan struktur kata-kata yang tidak perlu dan melompat-lompat, sehingga makna yang terkandung di dalam teks menjadi kabur dn sulit dipahami. mereka tidak memahami, bahkan keterkaitan bit akan sangat berpengaruh kepada makna, sehingga bila dikutip secara serampangan akan menyebabkan pembiasan arti teks aslinya bahkan hilang. ini terjadi disebabkan pemilihan mereka terhadap teks yang lemah strukturnya, mereka mengutipnya hanya untuk dijadikan justifikasi pemikiran sesuka hati.

0 komentar:

Post a Comment